/images/news/perang-mobile-apps-dan-website-1522043409.7819.jpg

26
Mar

Perang Mobile Apps dan Website

Year: 2018Posted by: Terry

Di era digital berbagai pilihan media sebagai sarana komunikasi untuk perusahaan dan konsumen. Tentunya semua bergantung pada kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai serta memiliki kekuatan yang seimbang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Di era yang serba digital dan serba canggih ini, semua orang pasti memiliki smartphone untuk menunjang kebutuhan dan gaya hidup mereka. Begitu juga dengan sebuah platform Mobile apps yang pada dasarnya digunakan hanya untuk smartphone dengan pengembangannya berdasarkan basis OS smarphone itu sendiri, seperti android, IoS, Windows dan Blackberry. Tetapi apa saja yang bisa kita aplikasikan ke bisnis kita dalam membangun sebuah media komunikasi dengan konsumen.


Ada dua platform digital yang biasanya digunakan untuk menunjang bisnis dari sebuah perusahaan, yaitu Website dan Mobile Apps. Jelas keduanya memiliki perbedaan, seperti Website yang teknologinya berkembang cukup pesat menjadi RWD (Responsive Website Design) yang dapat dengan mudah diakses melalui desktop, laptop maupun smartphone.


Secara biaya pengembanganya lebih mahal, tetapi perfoma yang lebih baik dan memiliki design juga fitur lebih tepat sasaran. Mobile apps lebih punya fitur untuk mengakses lebih ke smartphone pengguna, seperti lokasi, push notification, kamera dan lainnya.


Mobile Apps memiliki kelemahan dalam penerapannya, pengguna harus mendownload aplikasi tersebut melalui plaftom "playstore" atau "apps store". Terkadang pengguna memiliki storage yang kurang memadai, kendala ini juga yang harus pertimbangkan dalam menentukan pemilihan media komunikasi.

Berbeda dengan website memiliki fitur yang tidak kalah dengan mobile apps dan juga biaya pengembangannya cukup terjangkau. Tidak seperti beberapa tahun lalu dimana website di khususkan hanya pengguna desktop, tetapi sekarang website sudah di arahkan menggunakan teknologi RWD. Teknologi ini membantu tampilan website lebih terstruktur dan terlihat lebih optimal digunakan dalam browser handphone. Bisa di bilang website lebih dapat menjangkau luas di banding applikasi mobile, tetapi semua itu kembali lagi apa tujuan dan kebutuhan dari bisnis yang Anda jalankan.