05
Apr

E-Commerce Sumber Perkembangan Bisnis

Year: 2018Posted by: Feni Deska Riani

Perkembangan internet sangat cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi,berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media ini.

E-commerce adalah satu website yang menyediakan transaksi secara online yang bisa juga bisa disebut suatu cara berbelanja atau berdagang secara direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan get and deliver.


Secara umum E-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.


Keberadaan E-Commerce merupakan alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan pada saat ini, karena E-Commerce memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak penjual (merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di dalam melakukan transaksi perdagangan. Dengan E-Commerce setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dalam tahap negoisasi. Oleh karena itu jaringan internet ini dapat menembus batas geografis.


Situs E-Commerce juga dapat berjalan di semua waktu selama 24 jam sehari -7 hari sepekan. Dari sudut pandang pedagang, ini merupakan kemudahan karena pemilik toko tidak perlu memantau terlalu sering atau menunggu, selain itu Anda bisa melakukan hal lain selagi mendapatkan notifikasi orderan Anda. Dari sudut pandang pelanggan, berbelanja menjadi fleksibel tanpa mengenal waktu dan tempat, mengakses dan melihat produk bisa jadi sangat mudah karena anda bisa kunjungi website tersebut dan melihat produknya tanpa ada batasan waktu.

Manfaat E-Commerce :

  • Market exposure, melebarkan jangkauan untuk berelasi dengan partnership atau pebisnis lainnya
  • Meningkatkan pendapatan perusahaan
  • Produk lebih teroganisir
  • Konsumen memperoleh informasi yang beragam dan mendetail (business to costumer e-commerce)
  • Skalabilitas : Dapat diperluas atau diperbanyak item barang tanpa batasan.

Dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya, dan berkurangnya biaya operasional mapun biaya branding.


Dalam persaingan di dunia bisnis sistem E-Commerce sangat menjadi penunjang untuk bisnis menjadi lebih global, dengan adanya layanan E-commerce ini memudahkan konsumen mengakses dan melakukan pesanan tidak hanya satu tempat tapi bisa dimana saja hanya dengan menggunakan fasilitas yang bisa mengakses internet.


Dengan pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif. Dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah menggunakan E-Commerce untuk memasarkan berbagai macam prosuk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Karena pada akhirnya semua akan berkembang menjadi lebih maju dan berbasiskan informasi teknologi

"e-commerce is a part of e-business".