/images/news/perjalanan-internet-dari-dulu-hingga-saat-ini-48FJdc.jpg

21
Oct

Perjalanan Internet Dari Dulu Hingga Saat Ini

Year: 2019Posted by: Firda Amalia

Hari internet internasional yang jatuh pada setiap tanggal 29 Oktober menjadi sebuah momentum dari sebuah kemajuan peradaban manusia. Perjalanan internet hingga saat ini terus terjadi melalui proses penting dalam pengembangannya, semua tidak terlepas dari tahun-tahun bersejarah yang pernah dicatatkan sebelumnya dan dapat dijelaskan sebagai berikut ini :

Tahun 1969

Internet dikenal dengan melalui proses percobaan oleh Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat malalui Advanced Research Projects Agency dan disingkat menjadi ARPA sehingga terbentuklah sebuah sistem jaringan bernama ARPANET. Tujuan dibentuknya ARPANET adalah untuk memberikan kemudahan bagi organisasi militer dapat berkomunikasi dalam keadaan darurat. Dengan begitu menyebabkan pengembangan internetworking yang awalnya terpisah menjadi ke dalam satu jaringan.

Tahun 1971

Ray Tomilson menciptakan sebuah program yang diberi nama "E-mail" untuk mendukung ARPANET.

Tahun 1974

Dikenalkanlah protokol internet TCP/IP sebagai protokol jaringan standar dari ARPANET yang digunakan untuk memberikan interkonektivitas yang juga menciptakan akses bagi organisasi penelitian dan pendidikan di Amerika Serikat.

Tahun 1986

Muncul sebuah sistem nama domain (DNS) yang digunakan untuk menyeragamkan sistem alamat di seluruh jaringan komputer.

Tahun 1988

Protokol internet (IP) pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB.

Tahun 1990 - Sekarang

Internet telah membawa dampak secara revolusioner baik di bidang perdagangan, aspek budaya, serta munculnya komunikasi instan melalui email, dan kemunculan World Wide Web (WWW).

Kehadiran internet sangat dirasakan dengan cepat kepada pengguna dalam hal memberikan manfaat langsung. Internet menghubungkan dari yang jauh menjadi dekat, yang lambat menjadi cepat, serta efisien dalam penggunannya. Faktanya untuk saat ini manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya internet karena dengan internet manfaat yang bisa kita dapatkan seperti kita bisa komunikasi dengan mudah tanpa harus berkirim surat yang menunggu lama. Manfaat dalam pertukaran informasi antar sesama pengguna dengan menggunakan email dan news group yang mana dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Internet juga bisa digunakan untuk mencari informasi yang ada di seluruh dunia, apapun yang kita ketik di search engine semua hasil pencarian akan terlihat. Manfaat lainnya juga pada saat ini sejalan dengan berkembangnya dunia e-commerce, mudahnya kita bertransaksi dalam memilih dan membeli sebuah barang tanpa harus mendatangi toko tersebut. Inilah yang menjadikan internet saat ini masih sangat berpengaruh, bermanfaat, dan kemungkinan besar akan berkembang terus-menerus mengikuti perkembangan zaman.

Untuk terus mendukung pemerataan akses internet di Indonesia, pemerintah telah meresmikan pengoperasian Palapa Ring yang dapat mengoneksikan ratusan kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia.


Sumber : Baktikominfo.id, 2019

Palapa Ring tersebut untuk menghadirkan sinyal telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia termasuk akses internet, yang mana pemerintah menyebut sebagai “Tol Langit”. Dengan keberadaan tol langit dapat memperkuat infrastruktur telekomunikasi di Indonesia yang nantinya bertujuan untuk akses internet dengan harga jual paket internetnya tidak berbeda antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya.

Semakin majunya akses internet, peran pengguna dalam menggunakan akses internet harus dapat dilakukan dengan bijak. Terdapat beberapa pengguna dengan sengaja melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan dalam berinternet seperti contoh adanya bullying yang di lakukan dengan menyerang pribadi seseorang dan menyebarkan berita hoax di dunia maya. Akibat dari hal tersebut sang korban melakukan bunuh diri dikarenakan perkataan dari internet mengenai dirinya buruk sehingga menjadi beban psikologis. Untuk itu sebagai pengguna internet harus memfilter dengan baik agar tidak merugikan orang lain

Mari kita terus gunakan akses internet untuk hal-hal positif dan terus mengembangkan teknologi demi masa depan yang lebih baik lagi.