/images/news/barcode-dan-qr-code-apa-bedanya-V5tk4C.jpg

11
Nov

Barcode dan QR Code : Apa bedanya?

Year: 2019Posted by: Firda Amalia

Barcode dan QR Code adalah sebuah sistem untuk menyimpan sebuah ukuran data yang besar menjadi ukuran data yang kecil. Penggunaan Barcode dan QR Code bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses pengecekan suatu data melalui mesin scanner. Pemilihan Barcode dan QR Code tergantung dari beberapa faktor, seperti seberapa besar ukuran data yang dibutuhkan, jenis item dan data apa yang akan di tempel, dan masih banyak pertimbangan lainnya.

Apa itu Barcode?

Barcode atau kode batang bentuknya berupa garis panjang dan setiap garis memiliki jarak serta ketebalan pada setiap garis. Secara spesifikasi bentuk, barcode menggambarkan detail dari angka dan simbol lainnya. Barcode menyimpan informasi berupa text dan angka, seperti jenis, ukuran, dan warna serta lainnya dari sebuah data. Penggunaannya sendiri banyak terdapat di supermarket untuk pembelian sebuah produk makanan.

Beberapa keunggulan dari Barcode yaitu:

  1. Penyimpanan data di Barcode mencapai 43 karakter informasi,
  2. Tingkat keakuratan yang tinggi dalam pengecekan data dibandingkan dengan metode manual,
  3. Dapat di scan lebih cepat dan efektif,
  4. Meningkatkan keuntungan perusahaan dengan menekan biaya sumber daya manusia, meningkatkan pengawasan terhadap produk dan ketersediaan produk sehingga manajemen waktu dapat berjalan baik.

Apa itu QR Code?

QR Code (Quick Response Code) merupakan penerus dari sebuah Barcode. Bentuk dari QR Code berupa kotak-kotak kecil dan terdapat tiga kotak di ujung sisi yang memudahkan untuk dibaca oleh scanner. QR Code dapat menyimpan data informasi lebih banyak dibandingkan dengan Barcode. Penyimpanan data di dalam QR Code dapat mencangkup email address, nama, detil data, situs website, tanggal kalender, dan masih banyak lainnya. Penggunaan QR Code saat ini lebih banyak dipakai di bidang manufaktur dan keuangan.


Beberapa Keunggulan dari QR Code yaitu:

  1. Penyimpanan data di QR Code mencapai 2500 karakter informasi,
  2. Tingkat keamanannya yang lebih aman,
  3. Dapat meminimalisir tingkat kesalahan data,
  4. Memudahkan berbagi tautan kepada pengguna lainnya, seperti saat memberikan akses wifi dengan QR Code tanpa harus memasukan kata sandi lagi.