/images/news/mikrotik-benda-apakah-itu-bisa-apa-saja-g6BcWs.jpg

15
Jan

Mikrotik; Benda Apakah itu? Bisa Apa Saja?

Year: 2021Posted by: Muhammad Faizal Kurniawan

i era yang sudah sangat canggih ini, akses internet menjadi hal primer bagi setiap manusia. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan internet mengubah gaya hidup, cara berkomunikasi, dan mengubah tren masa kini. Dimulai dengan adanya email, media sosial, aplikasi voice & video call, dan lain sebagainya. Bahkan, saat ini mulai banyak akses internet gratis di beberapa tempat seperti restoran, kafe, kantor, dan fasilitas umum seperti tempat wisata.

Dengan adanya koneksi internet di fasilitas umum ataupun di kantor, secara otomatis banyak orang yang ingin memakainya. Ditambah lagi, penggunaan internet di kantor menjadi hal wajib karena setiap pekerjaan mulai menggunakan akses internet seperti sharing data, conference call, berbagi email, bahkan sekedar seminar pun kini melalui internet. Karena banyaknya pengguna internet di satu lokasi, maka perlu adanya perangkat yang dapat membagi rata dan mengamankan koneksi internet agar semua pengguna dapat menikmati koneksi internet secara merata dan mencegah orang iseng mengacaukan koneksi tersebut.

60010f0662dbc.jpg

Sebagian besar orang sudah banyak tahu tentang router yang banyak dijual di pasaran. Tapi tidak banyak orang yang mengetahui mikrotik. Apa itu? Secara umum, mikrotik adalah router yang memiliki sistem operasi yang bernama RouterOS yang berbasis Linux dan memiliki kustomisasi yang sangat banyak. Mikrotik dapat berfungsi sebagai Hotspot WiFi, QoS, firewall, VPN, blokir situs, dan masih banyak lagi. Tentunya fitur tersebut dapat dikonfigurasi secara luas. Mikrotik sangat umum digunakan pada kantor, warnet, dan fasilitas umum untuk membagi rata koneksi internet. Bahkan kini router mikrotik dapat dinikmati pada kantor skala kecil bahkan di rumah, karena harganya yang semakin terjangkau dengan kemampuan untuk mengamankan jaringan yang cukup baik.

6006337dd39c0.jpg

Sebagai penjelasan singkat, fitur Hotspot WiFi pada mikrotik memungkinkan penggunanya membuat sebuah sistem login menggunakan username dan password untuk mengakses internet. Fitur ini banyak digunakan pada internet RT/RW, restoran, kantor, ataupun tempat umum yang menerapkan voucher berlangganan. Lalu fitur Quality of Service (QoS) adalah fitur yang memungkinkan kita dapat mengelola jaringan agar seluruh pengguna mendapatkan kecepatan internet yang sama dan stabil. Fitur ini juga mencegah orang yang sering menggunakan internet dengan kecepatan maksimum yang dimiliki.

Tidak lupa dengan adanya fitur firewall dan VPN pada mikrotik. Firewall adalah sebuah sistem keamanan jaringan yang mampu mencegah atau memblokir serangan dari luar jaringan seperti virus ataupun orang jahat yang ingin merusak jaringan. Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah sistem yang memungkinkan kita untuk melakukan koneksi ke jaringan rumah atau kantor melalui jaringan privat. Contohnya pada saat kita di kantor dan kita ingin melakukan koneksi ataupun kontrol ke jaringan rumah, maka fitur VPN ini yang dapat melakukannya seolah-olah kita yang berada di kantor menjadi bagian dari jaringan rumah.


Untuk melakukan konfigurasi mikrotik, dapat menggunakan aplikasi Winbox yang dapat di-download pada website resminya. Untuk konfigurasi awal mikrotik akan dijelaskan pada artikel berikutnya.