/images/news/windows-11-sudah-rilis-yuk-kenalan-sebelum-upgrade-SXJjko.jpg

02
Jul

Windows 11 Sudah Resmi Meluncur. Berikut Fitur Terbaru dan Spesifikasi Minimumnya !

Year: 2021Posted by: Muhammad Faizal Kurniawan

Halo Dretizen !

Pada 24 Juni 2021, Microsoft memperkenalkan Windows 11 ke dunia melalui peluncuran secara online yang dapat kamu tonton melalui livestream. Banyak perubahan dan fitur baru yang diperkenalkan Microsoft pada sistem operasi terbaru mereka. Banyak tech enthusiast dan youtuber yang antusias dengan sistem operasi ini. Bahkan sampai banyak channel youtube yang ikut menayangkan event peluncuran ini karena banyak negara yang sulit untuk menonton livestream karena link dari Microsoft terkendala untuk beberapa negara termasuk Indonesia.

Menurut data dari Net Market Share, per 2019 lalu Windows 10 sukses mendominiasi pasar dengan 47.7% pengguna di seluruh dunia. Disusul dengan Windows 7 dengan 32.7%, tentunya masih produk dari Microsoft. Disusul kembali dengan MacOS dengan 5.2%. Banyak banget ya, sudah tidak bisa dipungkiri bahwa Windows termasuk sistem operasi yang mudah dipakai, instalasinya juga gampang, dan banyak orang sudah familiar dengan Windows. Karena banyaknya jumlah pengguna Windows, banyak juga aplikasi yang didukung mulai dari sekedar gabut main game hingga kerja profesional.

Lalu, apa saja perubahan dan fitur baru yang dibawa oleh Windows 11 ini? Berdasarkan peluncuran kemarin, kami highlight poin penting yang sangat menarik untuk disimak.

  • New Glass Design

Perubahan major ini berlaku untuk semua interface Windows 11 mulai dari taskbar hingga Windows Explorer. Start menu dan icon taskbar pindah ke tengah. Bentuk window yang sedang aktif pun memiliki rounded corner layaknya MacOS yang membuat tampilan kian elegan.

  • Widget

Berbeda dengan Gadget Windows 7, Widget ini menjanjikan fitur yang dibekali oleh AI untuk mengoptimalkan konten yang akan masuk pada widget. Fitur Widget ini sebenarnya sudah ada pada update Windows 10 terbaru yang bisa kamu nikmati, hanya saja namanya berbeda yaitu News and Interest yang berada di kanan taskbar.

  • Snap Layout

Fitur ini membantu penggunanya untuk kebutuhan multitasking dalam satu layar atau lebih, tujuannya untuk melakukan manajemen window yang aktif dan mengaturnya menjadi beberapa panel sehingga windows tersebut terlihat semua dalam satu layar. Fitur ini juga dapat kamu nikmati dengan meng-install aplikasi yang bernama PowerToys di Windows 10.

  • Virtual Desktop

Buat pengguna MacOS tentunya fitur ini sudah biasa mereka gunakan hanya dengan swipe 3 jari ke arah kanan atau kiri pada touchpad. Pada Windows 10 fitur ini sudah tersedia hanya saja tidak banyak yang bisa memaksimalkan fitur ini karena terlalu kaku dan tidak se-seamless MacOS. Pada Windows 11 fitur ini di-upgrade sehingga mirip dengan MacOS dengan wallpaper yang dapat kamu custom pada setiap virtual desktop.

  • Gaming

Sistem operasi Windows terkenal dengan kompatibilitas gamenya yang sangat banyak. Windows 11 membawa fitur Auto HDR (High Dynamic Range) untuk optimalisasi grafis pada game sehingga tingkat kecerahan antara objek pada game dengan latar belakangnya menjadi setara (balanced). Dan juga fitur ini memanjakan mata para gamer yang senang dengan game yang berjenis open-world. Tidak hanya itu, Microsoft juga menghadirkan fitur DirectStorage yang memungkinkan loading pada game lebih cepat. Selain itu, XBOX Game Pass juga hadir pada Windows 11 untuk kamu yang ingin menikmati banyak game XBOX secara berlangganan.

  • Integrasi Aplikasi Android

Ini dia salah satu fitur yang sangat menarik dan ditunggu banyak orang. Kini, aplikasi Android seperti TikTok, Instagram, Snapchat, atau game mobile dapat kamu nikmati di komputer tanpa perlu install emulator. Kenapa? Karena emulator memakan banyak resource pada komputer yang membuatnya sulit untuk berjalan secara optimal. Tetapi ada catatan. Catatan tersebut adalah aplikasi Android yang dapat diinstall hanya dapat kamu cari melalui Amazon App Store yang tersedia di Windows 11. Jadi bukan Play Store ya guys…

  • Tablet Mode

Windows 11 memiliki interface dengan taskbar di tengah bukan tanpa alasan. Microsoft ingin membawa ekosistem komputer portabel ke arah yang lebih baik sehingga interface yang dimiliki pada Windows 11 telah dioptimalkan untuk pengguna laptop, komputer, ataupun tablet. Fitur rotasi layar yang telah diperbaiki, on-screen keyboard yang bekerjasama dengan SwiftKey yaitu salah satu pembuat virtual keyboard terbaik saat ini, hingga perbaikan input pada touch pen. Buat kamu yang senang desain atau gambar sketsa di tablet,Windows 11 menjanjikan pengalaman yang lebih baik.

Lalu, Gimana caranya mendapatkan Windows 11?

Untuk kamu yang sudah nggak sabar, kamu bisa gabung dengan Microsoft Insider Program untuk mendapatkan akses ke Windows 11 tahap awal. Dengan catatan Windows 11 tersebut masih memiliki banyak bug dan cacat yag harus diperbaiki sehingga kami sangat tidak merekomendasikan untuk meng-install di perangkat pribadi. Tetapi kalau kamu mau Windows 11 yang sudah resmi rilis,cukup nyalakan Windows Update dan update Windows hingga ke versi terbaru saat ini. Windows 11 diprediksi akan rilis resmi untuk konsumen pada Oktober 2021 dan tersedia melalui Windows Update. Untuk kamu yang lebih senang dengan install Windows secara utuh, akan ada link download untuk file Windows 11.

Komputer saya kompatibel nggak ya?

Microsoft telah mengeluarkan spesifikasi minimum untuk Windows 11. Spesifikasi ini tentu saja akan berubah sewaktu-waktu dan akan berbeda saat perilisan resmi ke konsumen. Banyaknya pro dan kontra yang beredar tentang perangkat yang tidak kompatibel padahal relatif baru membuat Microsoft akan mengubah spesifikasi final dari Windows 11. Berikut spesifikasi minimum yang ditetapkan Microsoft untuk saat ini :

- Prosesor : 1 GHz atau lebih dengan dua inti / dual-core atau lebih dan mendukung 64-bit

- RAM : 4 GB

- Kapasitas drive : 64 GB atau lebih besar

- Firmware : UEFI dan mendukung Secure Boot

- TPM : 2.0

- VGA / Grafis : Mendukung DirectX 12

- Layar : Resolusi 1280x720 (HD) atau lebih besar

Update ini gratis atau enggak ?

Tenang saja, untuk kamu yang sudah memiliki Windows 10 asli, kamu bisa upgrade secara gratis ke Windows 11 melalui Windows Update atau install secara utuh dengan catatan lisensi tersebut sudah diregistrasi di Microsoft. Tentunya satu lisensi Windows hanya berlaku untuk satu perangkat saja. Lalu bagaimana untuk kamu dengan pengguna Windows bajakan? Belum ada pernyataan resmi dari Microsoft tentang hal ini. Tentunya kami tidak menyarankan untuk menggunakan software abal-abal atau bajakan karena hal tersebut merupakan ilegal dan melanggar peraturan di Indonesia. So, gunakan software yang asli ya sobat Dretizen, untuk menghindari adanya virus ataupun malware yang menyerang komputermu :)