/images/news/mesh-wifi-solusi-anti-ribet-untuk-memperluas-jangk--TAvUX.jpg

06
Aug

Mesh WiFi, Solusi Anti Ribet untuk Memperluas Jangkauan WiFi

Year: 2021Posted by: Muhammad Faizal Kurniawan

Halo Dretizen !

Pasti kalian sudah nggak asing dengan WiFi atau Wireless Fidelity. Teknologi satu ini sudah banyak dipakai dimana-mana, baik di rumah, kafe, ataupun mall yang menyediakan internet gratis. Kalau di mall bisa punya jangkauan WiFi yang luas dan jauh, apakah bisa juga dipakai di rumah? Bisa saja, kamu cukup menggunakan range extender atau repeater. Tetapi range extender memiliki kekurangan yaitu tidak mampu menghilangkan dead zone / zona mati dari sebuah WiFi seperti terhalang beton atau objek di ruangan lain yang jauh dengan perangkat pemancar WiFi. Repeater juga memiliki kekurangan yaitu tidak maksimal saat melakukan penyebaran jaringan WiFi dengan nama yang sama karena sinyalnya akan saling bertabrakan. Selain itu, range extender tidak mampu memberikan kecepatan yang maksimal. Apakah ada solusi lain? Tentu saja ada yaitu dengan menambah access point. Tetapi cara ini tidak ramah terhadap pengguna awam dan harus dilakukan oleh orang yang mengerti dalam bidang networking karena ada sejumlah konfigurasi teknis yang harus dilakukan.

Maka dari itu, teknologi mesh WiFi menjadi solusi. Apa sih mesh WiFi ? Sederhananya, mesh WiFi merupakan teknologi pengembangan dari repeater / range extender yang mampu menggabungkan seluruh jaringan wifi menjadi satu jaringan wifi besar. Kebanyakan orang memposisikan routernya di lokasi yang kurang ideal, seperti diletakkan di salah satu ujung rumah. Ini berarti ujung lainnya akan memiliki WiFi yang buruk. Idealnya, kalau kamu menempatkan router tepat di tengah-tengah rumah, sinyal WiFi akan dapat didistribusikan secara merata di seluruh rumah, tetapi dalam kenyataannya, kadang-kadang situasi ini tidak memungkinkan. Teknologi mesh WiFi menggabungkan seluruh range extender yang dinamakan satelit menjadi cakupan wifi yang besar. Analoginya akan kami berikan dalam bentuk ilustrasi seperti berikut.

WiFi dengan Repeater biasa

Ilustrasi WiFi dengan Repeater / Extender biasa (source : TP-Link)


Ilustrasi Mesh WiFi (source : TP-Link)


Beberapa merek ternama dalam urusan networking mulai banyak yang menjual paket mesh network, seperti ASUS dengan AiMesh, TP-Link dengan OneMesh, atau Ruijie dengan Reyee Mesh. Dengan teknologi ini, kamu nggak perlu ribet pindah ruangan hanya demi sinyal WiFi yang lebih lancar dan setup nya yang sangat mudah bahkan untuk orang awam sekalipun. Keunggulan lainnya yaitu kamu nggak perlu pasang banyak kabel LAN dan access point hanya untuk memperluas WiFi kamu, dengan beberapa perangkat mesh WiFi yang diletakkan pada area tertentu sudah cukup untuk memperluas WiFi kamu, bahkan untuk kamu yang punya rumah lebih dari 1 tingkat.

Masih bingung nih cara pasangnya, takut WiFi -nya ngaco !

Kalau masih bingung, kamu bisa konsultasi semua permasalahan network dengan kami yang dapat kamu lihat pada link ini. Kami dapat memberikan solusi terbaik untuk jaringan WiFi rumah kamu :)