/images/news/cloud-computing-vs-on-premises-mana-yang-lebih-bai-yo6LyY.jpg

02
Sep

Cloud Computing vs On Premises; Mana Yang Lebih Baik?

Year: 2021Posted by: Muhammad Faizal Kurniawan

Halo Dretizen !

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cloud computing. Kini cloud computing sudah menjadi hal yang umum banget dipakai di banyak tempat ataupun perusahaan. Sebagian keuntungannya yaitu hemat waktu, fleksibel, dan mudah diakses selama ada internet. Nah dari cloud computing, kita geser sedikit ke on-premises? Loh apaan lagi itu? Mari kita lanjut.

Menurut grid.id, on-premises adalah adopsi teknologi yang di mana mulai dari pengadaan infrastruktur hingga software dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan itu sendiri. Artinya, seluruh kebutuhan perusahaan, maunya seperti apa, semuanya diatur oleh kita sendiri sebagai pemimpin perusahaan. Kita wajib membangun tim IT dan tim network sendiri untuk mengurusnya. Wah ribet dong? Enggak juga, bisa jadi lebih teratur karena seluruhnya ada pada kendali penuh kita.

Nah lantas apa bedanya dengan cloud computing? Berikut beberapa perbedaan cloud computing dengan on-premises yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Biaya

Secara biaya, on-premises harus mengeluarkan biaya yang sangat besar mulai dari membangun tim IT yang kompeten hingga deployment server yang nominalnya aduhai, termasuk biaya rutin lainnya yang timbul selama server beroperasi seperti biaya sewa data center, internet, dll. Sedangkan cloud computing menawarkan layanan yang sifatnya berlangganan dengan biaya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jika sudah tidak dibutuhkan maka bisa diakhiri layanannya kapanpun. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah.

2. Keamanan

Dari segi keamanan, on-premises wajib memikirkan seberapa tebal keamanan dari aplikasi ataupun server yang dibangun, dan kamu bisa lebih bebas melakukan konfigurasi keamanan sesuai yang kamu mau apakah mau pake Cloudflare, FortiGate, atau lainnya. Terlebih, perusahaan biasanya sensitif dengan keamanan data jadi karena kamu yang mengelola, data kamu pastinya lebih aman. Sedangkan cloud computing menjamin keamanan skala global terbaik untuk pelanggannya dan juga lebih sering dilakukan monitoring dan maintenance. Tetapi hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri karena keamanan dari sistem diserahkan kepada pihak ketiga.

3. Lokasi data

Jika berbicara dengan data, on-premises harus mementukan sendiri dimana akan menyimpan data aplikasi ataupun aset yang diperlukan, apakah in-house di dalam lokasi fisik perusahaan atau di data center. Dan juga perlunya menyiapkan backup storage jika terjadi masalah yang tidak terduga seperti musibah alam, atau human error. Sementara cloud computing memberikan kemudahan manajemen data di data center dan backup scheduling. Tetapi data kamu secara tidak langsung dipercayakan kepada vendor untuk dilakukan pengamanan.

4. Privasi data

Privasi data perusahaan juga sangat penting karena banyak data perusahaan yang sifatnya rahasia / confidential. Ketika data tersebut disimpan in-house dengan on-premises maka kamu sendiri yang wajib menjaga privasi data kamu jangan sampai bocor ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Sedangkan cloud computing menawarkan privasi data tingkat tinggi yang menjamin data kamu tetap terjaga kerahasiannya.

5. Kestabilan

Jika berbicara kestabilan, on-premises tentunya dapat memberikan kestabilan aplikasi maupun server, apalagi kamu sudah pasti memiliki tim inti yang mengurus maintenance ataupun perubahan pada server sehingga lebih termonitor secara real time. Sedangkan cloud computing sudah memiliki sistem dengan kestabilan mumpuni dan pastinya di-handle oleh tim tersendiri.

6. Kompatibilitas

Masalah kompatibilitas, kamu wajib memastikan aplikasi atau sistem yang kamu buat dapat dijalankan secara stabil di perangkat tertentu. Enaknya adalah kamu bisa langsung develop aplikasi atau sistem kamu sesuai dengan platform yang dipakai sehingga mengurangi waktu pengerjaan. Sedangkan cloud computing sudah menawarkan kompatibilitas di berbagai macam media yang kamu perlukan.

Jadi, apakah kamu lebih memilih on-premises agar kamu memiliki kuasa penuh atas apa yang kamu mau buat, atau cloud computing yang menjadikan kebutuhan di aplikasi kamu lebih mudah? Kalau kamu memilih cloud computing, kami menawarkan layanan cloud computing terbaik sesuai dengan kebutuhan bisnis maupun aplikasi kamu. Atau kamu ingin menggunakan layanan on-premises? Kami juga menawarkan layanan tersebut dengan standar tertinggi dan tim IT terbaik yang siap untuk memnuhi kebutuhan bisnis kamu. Tentunya dengan standar keamanan tertinggi dan kestabilan yang mumpuni. Langsung hubungi kami pada link ini untuk request demo aplikasi atau diskusi langsung dengan kami untuk membicarakan kebutuhan kamu secara mendetail.