/images/news/seo-dan-sem-solusi-untuk-meningkatkan-traffic-webs-_ud1VK.jpg

01
Oct

SEO dan SEM, Solusi Untuk Meningkatkan Traffic Website dan Bisnis

Year: 2021Posted by: Muhammad Faizal Kurniawan

Halo Dretizen !

Sudah banyak dari kita ataupun para pelaku bisnis mengandalkan internet sebagai media promosi produk atau jasa yang kita punya. Baik itu melalui sosmed, website, ataupun jasa endorse influencer atau selebriti. Nah, ada lagi satu metode keren untuk ningkatin bisnis kamu tanpa harus menggunakan jasa endorse, yaitu SEO. Apa sih itu? Seberapa keren? Yuk kita bahas kenapa SEO ini bisa jadi metode paling keren untuk ningkatin pengunjung website atau bisnis kamu.

SEO kepanjanganya adalah Search Engine Optimization. Nah SEO ini merupakan cara atau metode agar website, produk, atau sosmed yang kamu miliki dapat dengan mudah dicari oleh orang lain melalui search engine seperti mbah Google, tante Yahoo, paman Bing, dan search engine lainnya. SEO juga dapat digunakan sebagai cara agar website atau bisnis kamu dapat masuk pada halaman terdepan atau teratas pada search engine. Dengan penggunaan SEO, otomatis website atau bisnis kamu lebih mudah dicari orang dan berpotensi meningkatkan penjualan dan traffic.

Dari banyaknya search engine yang ada, kami selalu menggunakan SEO yang dioptimalkan untuk Google. Kok Google aja? Menurut data yang diberikan oleh GlobalStats StatCounter, Google menempati urutan pertama search engine paling populer dengan memegang angka 92.03% pada Market Share Worldwide bulan Agustus 2020 - 2021, disusul dengan Bing pada angka 2,48% dan Yahoo! pada angka 1,5%. Sebuah dominasi luar biasa yang dilakukan oleh Google.

Nah dari SEO, berkembang lagi menjadi SEM. SEM kepanjangannya adalah Search Engine Marketing. SEM adalah metode atau cara mengoptimalkan website atau bisnis kamu agar masuk pada halaman pertama pencarian dengan memanfaatkan iklan. Dengan penggunaan SEM, otomatis website atau bisnis kamu akan selalu muncul pada halaman terdepan dan posisi paling atas pada pencarian. SEM juga memungkinkan target pasar kamu akan lebih spesifik. Karena menggunakan iklan, SEM menggunakan metode PPC (pay-per-click) untuk pembayarannya, yang artinya adalah banyaknya orang yang meng-klik iklan kamu, itulah biaya yang perlu kamu bayar. Lalu bedanya apa dengan SEO?

  1. Audiens
    SEO mengharuskan pemilik atau pengelola bisnis menganalisa apakah konten yang disajikan sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Jika tidak, maka wajib dilakukan optimasi kembali. SEM dapat langsung memilih target audiens yang spesifik sesuai dengan bisnis kamu seperti range umur, jenis kelamin, pekerjaan, ataupun cakupan wilayah.
  2. Proses
    Baik SEO dan SEM, keduanya perlu waktu untuk muncul di search engine. Bedanya adalah SEO akan selalu aktif selama website atau bisnis kita aktif, sedangkan SEM dapat dimatikan atau diaktifkan kapan saja, dan lebih fleksibel untuk mengubah parameter sesuai dengan keinginan.
  3. Biaya
    Dilihat dari segi biaya, menggunakan SEO membutuhkan biaya yang murah atau bahkan gratis, sedangkan SEM perlu mengeluarkan biaya lebih mahal karena memanfaatkan iklan dan penentuan tarket pasar yang lebih spesifik. Semua tergantung tools yang dipakai.

Dari perbedaan tersebut, muncullah pertanyaan berikut.

"SEO dan SEM apakah bisa dipakai secara bersamaan?"

Tentu saja bisa. Dengan menggunakan SEO yang optimal dan SEM yang sudah sesuai target pasar, website atau bisnis kamu akan jauh lebih mudah dicari oleh orang.

"Apa bisa hanya memilih salah satunya?"

Bisa juga kok, tetapi hasil akhirnya akan berbeda dan disesuaikan dengan budget kamu.

"Saya tertarik banget nih, tapi saya nggak tau audiens saya. Lalu gimana cara penerapannya?"

Gausah bingung. Kami dari Dreite menyediakan layanan optimasi SEO dan penerapan SEM untuk bisnis dan website yang kamu miliki. Kami juga memiliki tim marketing dan tim IT terbaik yang siap menganalisa dan optimasi target audiens bisnis atau website kamu secara akurat dan detail. Atau mungkin kamu belum punya websitenya? Langsung hubungi kami pada link ini untuk konsultasi lebih lanjut.