/images/news/penghapusan-3g-di-indonesia-untuk-apa-ph95fo.jpg

31
Dec

Penghapusan 3G di Indonesia, Untuk Apa?

Year: 2021

Halo Dretizen !

Di penghujung 2021 ini, pemerintah Indonesia melalui Kominfo meminta seluruh operator seluler di Indonesia untuk menghapus jaringan 3G. Jaringan 3G merupakan jaringan seluler generasi ketiga yang memungkinkan penggunanya memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika perangkat berada pada kondisi diam atau bergerak. Lalu kenapa jaringan ini dihapus? Mari ngulik lebih lanjut

Seperti pembahasan kami pada artikel TV Analog vs TV Digital; Alasan Pemerintah Menghentikan Siaran TV Analog pada November 2022, Kominfo juga meminta seluruh penyedia siaran TV untuk menghapus sinyal analog dan menekan penggunaan sinyal digital untuk jaringan televisi. Ini dilakukan untuk memperluas jaringan 5G dan mempercepat perkembangannya. Kali ini jaringan 3G juga akan dihapus oleh pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memperluas jaringan 4G hingga merata di seluruh Indonesia dan memiliki target di akhir tahun 2022. Berdasarkan riset dari perusahaan analisis jaringan telekomunikasi, OpenSignal juga menyebutkan bahwa spektrum jaringan 2G dan 3G perlu dihapus untuk memaksimalkan jaringan 4G atau 5G.

Lantas, dengan adanya penghapusan jaringan 3G, apakah jaringan dibawahnya seperti 2G akan dihapus juga? Sebagai gambaran, jaringan 4G menggunakan frekuensi 800 MHz, 900 MHz, 1800 MHz and 2100 MHz. Jaringan 3G menggunakan frekuensi 2100 MHz yang nantinya dapat digunakan untuk jaringan 4G. Jaringan 2G menggunakan 900 MHz and 1800 MHz, sama dengan 4G tetapi frekuensi tersebut hanya dikhususkan untuk jalur komunikasi seperti telepon saja. Alasan lainnya penghapusan jaringan ini karena teknologi di 2021 sudah memungkinkan seluruh perangkat seluler untuk berjalan di jaringan 4G dan sebagian perangkat sudah ada yang siap untuk jaringan 5G.





Dengan adanya penghapusan 3G di Indonesia, otomatis perangkat yang hanya mendukung jaringan 3G tidak dapat digunakan. Tentunya kita wajib mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju ini. Hampir seluruh kegiatan kita sangat bergantung pada jaringan seluler yang ada di Indonesia, baik belanja, bisnis, ataupun hiburan. Jika kamu memiliki bisnis atau usaha tetapi kamu mau prosesnya serba digital dan dapat kamu akses melalui smartphone, langsung hubungi Dreite pada link ini. Kami akan memberikan solusi terbaik untuk seluruh kebutuhan kamu.